Tips Sukses Menjadi Reseller Berbekal Modal Internet

Spread the love

Memiliki modal yang terbatas bukanlah jadi hambatan dalam mengembangkan bisnis. Ada berbagai cara yang dapat ditempuh untuk bisa meraih modal, contohnya adalah berbisnis dengan modal patungan, melalui pinjaman, atau bisa juga dengan mencari sponsor.

Namun apabila mendapatkan modal dengan cara pinjaman, tentu hidup jadi tidak tenang karena terus memikirkan pembayaran cicilan. Oleh karena itu agar bisa menghemat modal, kamu bisa mencoba mengelola bisnis online.

Keuntungan dari bisnis online cukup besar, apalagi jika kamu menjadi seorang reseller online. Menjadi reseller sendiri tidak memerlukan modal yang besar, jadi tidak perlu sampai mencari pinjaman modal.

Tips Sukses Menjadi Reseller Online

Apabila benar-benar serius ingin terjun menjadi seorang reseller online, berikut ini adalah tips agar kamu bisa menjadi reseller online yang sukses :

  • Menentukan Produk yang Akan di Jual

Sebelum kamu memulai bisnis menjadi seorang reseller online, sebaiknya coba untuk mencari tahu terlebih dahulu produk apa yang ingin kamu jual. Misal seperti make up, pakaian, makanan, automotif hingga aksesoris, cari tahu dulu tentang produk tersebut.

Jangan sampai lupa juga menentukan siapa dan dimana target pasar kamu agar proses penjualannya berjalan lancar dan jelas. Usahakan produk yang kamu juga sesuai dengan permintaan pasar.

Agar proses penjualan atau pemasaran produk berjalan aman, kamu juga harus mengetahui tentang produk yang dijual. Jadi bila konsumen menanyakan detail produk yang kamu jual, kamu bisa dengan mudah menjelaskannya secara lengkap dan baik.

  • Menentukan Harga yang Terjangkau

Menetapkan harga jual pada produk harus sesuai dengan keadaan ekonomi masyarakat pasarmu. Sebisa mungkin jual produk dengan harga yang terjangkau, dan hindari harga yang terlalu tinggi.

Sebab harga yang terlalu tinggi atau melebihi harga pasar membuat produk yang kamu jual kurang diminati. Selain itu karena harga yang terlalu tinggi, konsumen tentu akan lebih memilih produk dari kompetitor yang secara harga lebih murah dari produk yang kamu jual.

  • Memahami Kompetitormu

Kompetitor bisa membahayakan kamu sebagai seorang reseller online. sebab semakin banyak kompetitor akan membuat semakin ketat persaingan di pasar. Akibatnya proses pemutaran atau penjualan produk akan lebih lambat.

Terlebih bila kompetitor sudah memonopoli harga barang, dimana harga yang ditetapkan pesaing jauh lebih murah daripada harga barang yang kamu tetapkan.

Berbeda jika kamu sudah memiliki pelanggan atau konsumen tetap. Proses pemutaran barang tidak akan berdampak secara signifikan. Namun selain adanya persaingan harga, kamu dan kompetitor juga akan bersaing tentang kualitas produk dan pelayanan.

  • Menggunakan Teknik Pemasaran yang Tepat

Menetapkan strategi atau teknik dalam pemasaran haruslah tepat, sebab ketika menjual produk di satu pasar saja tidak akan membuat bisnis berkembang. Bukannya berkembang, justru bisnismu akan berhenti di situ-situ saja atau bahkan bisa mengalami kebangkrutan.

Ada banyak cara pemasaran yang tepat, contohnya dengan menjalankan bisnis online melalui sosial media, media cetak (surat kabar, koran, majalah, brosur), atau melalui media elektronik (televisi dan radio). Pilihlah cara pemasaran yang menurun kamu cocok untuk menjual produk yang kamu jual.

  • Gencar Melakukan Promosi

Salah satu cara supaya produk yang kamu jual bisa dikenal pasar atau laku terjual adalah dengan melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan melalui sosial media yang merupakan teknik pemasaran paling ampuh untuk menjalankan bisnis online.

Banyak media sosial yang bisa kamu manfaatkan mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Blog, ataupun Marketplace. Caranya pun cukup mudah untuk melakukan promosi di sosial media, dimana kamu hanya perlu membuat akun khusus untuk bisnis online, memposting foto, dan juga testimoni.

  • Meningkatkan Pelayanan

Dan tips terakhir menjadi reseller online sukses adalah selalu meningkatkan pelayanan untuk para konsumen. Pelayanan sendiri merupakan salah satu bentuk dari teknik pemasaran, dimana pelayanan yang baik akan menghadirkan penilaian yang positif di mata para konsumen.

Konsumen akan merasa nyaman dan nyaman membeli produk yang kamu jual, dan akhirnya memutuskan untuk menjadi konsumen tetap. Ada banyak cara meningkatkan pelayanan dalam penjualan produk, contohnya tersedianya kontak yang mudah dihubungi, ramah, dan komunikasi yang baik kepada konsumen.

Reseller Harus Bijaksana dan Selalu Mengutamakan Kepuasan Konsumen

Menjadi seorang reseller online bukanlah hal yang sulit, namun tidak juga mudah dilakukan. Kamu harus berhati-hati dan juga selalu teliti dalam menjalankan bisnis supaya dapat berjalan lancar dan sesuai dengan keinginan kamu.

Jangan sampai mengambil langkah yang salah dan selalu bijaksana dalam menjalankan bisnismu. Dan tentu yang utama adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan atau konsumen kamu.

Kepuasan bisa dari berbagai hal misalnya produk yang memuaskan, pelayanan yang maksimal, dan menangani komplain dengan cara yang tepat dan tidak membuat konsumen kecewa telah membeli produkmu.