Bagaimana Caranya Membangun Bisnis Properti?

Spread the love

Masyarakat sekarang ini banyak yang menggeluti bisnis properti, bisnis ini disukai karena keuntungannya banyak sekali dan juga tidak harus punya modal besar untuk menjalankannya. Untuk bisa memulai bisnis ini maka harus punya pengetahuan mengenai properti dan juga tahu gambar rumah minimalis. Kalau sudah punya pengetahuan tersebut maka menjalankan bisnis tersebut tidak akan ada kendala.

7 Tips Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

Bisnis properti memang terkenal sangat menjanjikan makanya banyak masyarakat yang berminat menjalankan bisnis tersebut. Tetapi biarpun begitu tidak selamanya yang menggeluti bisnis ini mendapatkan keuntungan, ada banyak juga yang rugi besar karena bisnis ini. Apalagi kalau pemula yang menjalankan pasti lebih besar peluangnya untuk rugi, kalau tidak mau rugi bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Menjual Properti Sendiri

Banyak yang merasa takut kalau akan melakukan bisnis properti karena modalnya besar sekali, tetapi modal tersebut bisa saja kecil kalau yang dijual duluan adalah properti milik sendiri. Contohnya adalah menyediakan kamar kos, bisnis ini juga menguntungkan kalau rumah yang dimiliki itu dekat dengan sekolah atau fasilitas umum. Tetapi kalau rumahnya kecil bisa juga dengan menyewakan ruangan untuk dijadikan tempat usaha.

  • Membantu Orang Menjual Rumah

Bisnis properti tidak selamanya punya sendiri, kalau memang modalnya belum ada bisa juga membantu teman atau saudara yang akan menjual rumahnya. Dengan berperan sebagai makelar maka akan bisa memperoleh keuntungan dari penjualan tersebut, semakin banyak kenalan dan juga pintar berkomunikasi maka akan mampu meraih banyak keuntungan. Tetapi kalau jadi makelar jangan terlalu banyak mencari keuntungan sebab akan mengurangi rasa percaya mitra bisnisnya.

  • Investasi Properti

Sekarang kalau mau menginvestasikan properti sudah tidak sulit lagi karena sudah banyak platform yang menawarkan ruang untuk para pemilik properti dan juga investor. Untuk sistem investasinya tidak berbeda dengan investasi biasa, jadi nantinya investor bisa membeli saham properti. Keuntungan bisa diperoleh lewat penjualan atau menyewakan properti tersebut.

  • Menyediakan Jasa Manajemen Kos

Bisnis properti bukan sekedar menjual atau menyewakan properti saja, tetapi bisa juga menawarkan jasa juga dan jasanya adalah manajemen rumah kos. Memang sudah banyak masyarakat yang mempunyai rumah kos tetapi masih banyak juga yang belum tahu bagaimana caranya mengatur kos-kosan tersebut. Jadi nantinya tinggal menawarkan diri untuk jadi manajer kos dan memenuhi semua permintaan pemilik kos.

  • Membuka Situs Makelar

Kalau lebih suka menjadi perantara menjual properti maka lebih baik memanfaatkan teknologi saja agar lebih banyak mendapatkan konsumen. Caranya adalah dengan membuka situs saja, di dalam situs tersebut nantinya berisikan gambar rumah minimalis beserta spesifikasi rumah dan harga rumah. Dengan adanya situs tersebut makelar properti jadi kelihatan lebih profesional dan lebih dipercaya konsumen.

  • Ikuti Trend

Kalau ingin sukses di bidang properti maka jangan seperti orang kuno yang tidak tahu perkembangan di dunia properti, harusnya itu tahu properti seperti apa yang sedang disukai masyarakat. Selain itu harus tahu juga desain rumah-rumah yang baru dan juga daftar harga rumah terbaru, kalau sudah bisa tahu semua itu barulah bisa lancar menjalankan bisnisnya.

  • Harus Tahu Lokasi Properti

Jika mau terjun dan sukses di bisnis properti maka harus paham lokasi dan juga akses properti, apakah lokasinya itu strategis dan juga apakah aksesnya mudah atau tidak. Kalau sudah tahu dimana saja properti yang mudah diakses dan strategis lokasinya maka tidak sulit kalau membeli dan menjual properti.

Kemampuan Yang Dimiliki Pebisnis Properti

Sukses dan tidaknya seorang pebisnis properti itu tergantung dari kemampuan pebisnis tersebut, kalau kemampuannya biasa-biasa saja jangan harap bisa sukses. Ada dua kemampuan yang harus dimiliki pebisnis dan kemampuannya adalah kemampuan berbicara, jika sudah pintar berbicara pasti akan mudah menjelaskan properti yang akan dijual pada konsumen.

Kemampuan kedua adalah negosiasi, kemampuan inilah yang akan menentukan keuntungan yang diperoleh pebisnis. Dengan hanya menunjukkan gambar rumah minimalis saja kalau sudah hebat bernegosiasi pasti konsumen akan langsung percaya dengan omongan pebisnis dan mau membeli rumah tersebut.