Tips Mengedit Video dengan Mudah

Spread the love

Banyak orang yang membutuhkan tips edit video untuk berbagai kebutuhan. Anda juga bisa menemukan berbagai tips dan informasi menarik lain seputar teknologi di Tedas. Anda bisa mempelajari tutorial dan tips untuk mengedit video, baik di HP maupun laptop.

Cara Mengedit Video dengan Mudah di HP

  1. Download aplikasi edit video

Edit video di HP membutuhkan aplikasi khusus. Anda bisa download aplikasi edit video terlebih dahulu. Ada banyak pilihan aplikasi edit video yang bisa didownload gratis, maupun yang berbayar. Biasanya aplikasi yang gratis menyediakan fitur edit video yang lebih mudah untuk pemula.

  1. Buka aplikasi dan pilih video

Setelah download, buka aplikasi edit video di HP. Cari dan pilih file video yang ingin diedit. Biasanya aplikasi ini membutuhkan izin untuk membaca file media sehingga Anda bisa menemukan file video dari penyimpanan telepon. Tunggu hingga proses pemindahan file video ke aplikasi selesai.

  1. Edit video

Gunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi untuk mengedit video. Pada umumnya fitur seperti trim, add text, add music, dan lainnya cukup mudah untuk digunakan. Anda bisa mencobanya dengan mengatur durasi atau waktu video agar lebih pas. Tambahkan efek seperti teks, musik, atau efek transisi untuk kesan yang lebih dramatis.

  1. Simpan di penyimpanan HP

Setelah proses edit video selesai, langkah selanjutnya adalah memindahkan hasilnya ke penyimpanan telepon. Hasil video yang sudah diedit biasanya akan tersimpan di aplikasi terlebih dahulu. Setelah dipindahkan, Anda bisa membukanya melalui galeri atau pengaturan file di telepon.

Cara Mengedit Video di Laptop

  1. Buka software edit video di laptop

Edit video di laptop dapat dilakukan dengan mudah menggunakan software edit video. Tutorial edit video dan tutorial lain dapat Anda lihat di Tedas yang mengupas banyak informasi berbagai informasi menarik, termasuk teknologi. Ikuti tutorial edit video sesuai dengan software yang tersedia di perangkat komputer Anda.

  1. Ekspor file

Setelah membuka software untuk edit video, langkah berikutnya adalah ekspor file. Memindahkan file ke folder project yang ada di aplikasi atau software edit video. Anda bisa menambahkan file video, file audio, dan file lain yang dibutuhkan untuk edit. Namun jenis file yang digunakan perlu diperhatikan karena beberapa aplikasi terkadang tidak mendukung format file tertentu.

  1. Penyuntingan

Tips untuk edit video yang perlu diperhatikan adalah intonasi dan irama dari gerakan subjek yang ada di video. Perhatikan waktu saat subjek bergerak, berbicara, atau lainnya. Gerakan yang ada pada video ini nantinya dapat disesuaikan dengan durasi video, potong bagian yang tidak perlu.

Percantik video dengan edit intonasi warna agar suasana di dalam video lebih terasa nyata. Pengeditan warna untuk setiap adegan dapat dilakukan untuk menghasilkan rekaman yang lebih unik dan emosinya lebih mudah terbaca.

  1. Rendering

Langkah selanjutnya adalah proses rendering yaitu menyatukan bagian-bagian yang ada di pengaturan. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama atau tergantung video yang diedit. Setelah hasilnya keluar, Anda bisa menyimpannya di aplikasi dan juga di penyimpanan laptop.

Itulah beberapa tips untuk edit video dengan muda di HP dan laptop. Tutorial semacam ini akan lebih mudah diikuti dengan gambar seperti yang ada di Tedas untuk membantu Anda edit video. Jangan lupa untuk menyimpan di penyimpanan online agar Anda tetap memiliki salinan apabila sewaktu-waktu penyimpanan laptop eror.