Memanfaatkan TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Spread the love

TikTok merupakan salah satu aplikasi berbasis video yang sedang naik daun saat ini. Banyak konten-konten yang menarik yang ditampilkan di TikTok. Tidak jarang orang-orang ingin menyimpan video yang ditontonnya dan membagikannya ulang ke orang lain. Beberapa orang membutuhkan cara download video TikTok tanpa watermark karena apabila download dilakukan secara langsung dari TikTok maka akan muncul watermark logo dan nama penggunanya. Sebagian orang tidak nyaman dengan adanya watermark tersebut.

Viralnya aplikasi TikTok tidak hanya sebatas pada hiburan semata. TikTok memberikan dampak yang cukup positif di bidang ekonomi. Saat ini TikTok memiliki lebih dari 22 juta pengguna aktif bulanan. Angka ini tentu dapat menjadi angin segar bagi para pebisnis online. Bagaimana tidak, banyaknya pengguna aktif TikTok dapat menjadi target market mereka selanjutnya. Namun tentu saja menjual barang secara online tidak dapat semudah itu. Sebagai penjual tentu harus mendapatkan kepercayaan terlebih dahulu dari calon pembeli.

Strategi Pemanfaatan TikTok bagi Pelaku Bisnis

Nah, untuk para pelaku bisnis setidaknya ada beberapa hal yang dapat dilakukan atau dimanfaatkan dari aplikasi TikTok untuk meningkatkan jumlah penjualan:

  • Membuat Akun Resmi

Akun Resmi merupakan pintu masuk utama untuk para calon pembeli. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan para calon pembeli. Produk-produk yang memiliki akun resmi akan mendapatkan lebih banyak peminat dibandingkan produk yang tidak memiliki akun resmi. Di akun resmi ini, para pemilik bisnis dapat berinteraksi lebih intens dengan calon pembeli dan pelanggan.

  • Memperkenalkan Manfaat dan Keunggulan Produk melalui Konten

Salah satu keunggulan TikTok adalah pendistribusian konten yang lebih luas. Oleh karena itu manfaatkan akun resmi yang sudah dibuat untuk membuat konten-konten yang memperkenalkan apa saja manfaat dan keunggulan produk yang dijual.

  • Memanfaatkan Akun-Akun dengan Banyak Pengikut untuk Mempromosikan Produk

Nah, sama seperti penggunaan sosial media pada umumnya di ranah bisnis online. Pemanfaatan para influencer untuk meningkatkan brand awarness ataupun penjualan juga cukup bagus untuk diterapkan di TikTok. Pilihlah konten kreator TikTok yang memiliki penonton yang sesuai dengan niche produk yang ditawarkan.

  • Memanfaatkan Fitur-Fitur TikTok dan E-Commerce lainnya

Saat ini TikTok semakin ramah untuk para pebisnis online. TikTok menawarkan fitur TikTok Shop untuk para pebisnis yang ingin langsung menjualkan produknya melalui TikTok. Namun apabila ingin memusatkan penjualan pada E-Commerce lain TikTok juga menyediakan fitur link untuk dapat memudahkan calon pembeli mengarah ke produk yang diinginkan pada E-Commerce tertentu.

Tips Membuat Konten Promosi yang Menarik

Pertanyaan selanjutnya konten apa yang kira-kira menarik untuk memperkenalkan suatu produk?

  • Usahakan penjualan dengan soft selling

Para pengguna sosial media sudah cukup bosan dengan iklan yang berseliweran di depan layar mereka oleh karena itu buat sebuah konten yang dapat menawarkan produk dengan tidak secara langsung. Hal ini dapat dilakukan dengan misalnya membuat konten story telling, before after, atau honest review.

  • Bekerja sama dengan konten kreator yang kreatif dan memiliki banyak pengikut

Cara ini cukup baik untuk meningkatkan brand awarness kepada para calon pembeli. Dan akan lebih baik lagi apabila video yang dibuat oleh konten kreator tersebut dapat ditampilkan pula di akun resmi produk yang ditawarkan. Namun biasanya dalam mendownload video TikTok akan terganggu dengan adanya watermark, oleh karenanya cari cara download video TikTok tanpa watermark agar video terlihat lebih baik.

  • Fokus konten pada manfaat dan keunggulan produk serta review pengguna

Sebuah iklan atau penawaran yang baik adalah yang dapat mengetuk emosi calon pembeli. Caranya adalah dengan mengetahui apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh mereka dan menunjukkan solusinya melalui produk yang dijual.

Itulah beberapa hal mengenai pemanfaatan TikTok untuk para pelaku bisnis online. Adapun video-video yang telah dibuat atau diposting di akun resmi produk di TikTok dapat pula disebarkan di media sosial lain. Dan pastikan mengetahui cara download video TikTok tanpa watermark agar lebih nyaman untuk dilihat, namun apabila memang ingin sekaligus mempromosikan akun resmi produknya di TikTok maka tidak perlu menghilangkan watermark yang ada. Selamat berbisnis.