Tips Menjaga Kebersihan Masjid dari COVID-19

Spread the love

Berbagai aktivitas jadi terbatas karena adanya pandemi Covid-19, dan salah satunya adalah aktivitas ibadah. Masjid sebagai tempat ibadah sekarang ini semakin jarang dikunjungi dan biasanya hanya beberapa orang saja untuk membatasi kerumunan. Meski begitu, kebersihan masjid tetap harus dijaga, seperti karpet yang bisa didapatkan di toko jual karpet masjid Bekasi.

Kebersihan Masjid Untuk Mengurangi Penyebaran Virus

Kebersihan masjid jadi hal penting di tengah pandemi agar virus Covid-19 tidak menyebar di tempat ibadah. Apalagi masjid menjadi tempat umum dimana banyak orang keluar masuk untuk beribadah. Dengan banyaknya orang yang sering keluar masuk masjid, sangat mungkin virus akan menyebar di dalam tempat ibadah tersebut.

Selain itu, kebersihan dalam Islam juga sebagian dari iman. Jadi, menjaga kebersihan masjid tidak hanya untuk mengurangi penyebaran virus saja, tapi juga sebagai salah satu bagian dari iman agar saat beribadah tetap merasa nyaman.

Tips Menjaga Kebersihan Masjid Saat Pandemi Covid-19

Menjaga kebersihan masjid saat pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena itu, tips kali ini penting untuk diperhatikan pada saat membersihkan masjid. Selain itu, pastikan mengunjungi toko jual karpet masjid Bekasi agar bisa mendapatkan karpet masjid berkualitas.

  1. Membersihkan lantai

Tips pertama dalam menjaga kebersihan masjid adalah menjaga kebersihan lantainya secara teratur. Lantai tidak hanya dibersihkan hanya dengan sapu dan dipel menggunakan sabun lantai biasa. Lantai masih harus selalu dibersihkan dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan.

  1. Menjaga kebersihan karpet dan alas

Selain kebersihan lantai yang harus dijaga karena menjadi salah satu sumber penyebaran virus, karpet dan alas juga harus dijaga kebersihannya secara rutin dan juga konstan. Membersihkan karpet dan alas untuk beribadah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda bisa menggunakan alat penyedot debu atau alat untuk membersihkan lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan karpet dan alas di masjid.

  1. Menjaga kebersihan tempat wudhu

Tidak hanya di dalam masjid saja, tapi bagian luar masjid juga harus dijaga kebersihannya. Khususnya tempat wudhu barus sangat diperhatikan karena keran air selalu dipegang oleh banyak orang yang berbeda yang mungkin bisa menyebarkan virus. Bersihkan tempat wudhu dengan menggunakan cairan desinfektan.

Selain tempat wudhu, toilet juga tidak boleh dilewatkan karena bisa menjadi sumber penyebaran virus. Seperti halnya tempat wudhu, bersihkan toilet dengan menggunakan cairan desinfektan.

  1. Jemaah membawa sajadah sendiri

Demi mengurangi penyebaran virus, pihak pengurus masjid bisa memberikan himbauan kepada para Jemaah untuk membawa sajadah atau alat untuk salat sendiri sehingga alas untuk sujud tidak digunakan secara bergantian.

  1. Membatasi Jemaah

Pihak pengurus masjid juga memiliki hak untuk melarang para Jemaah yang sedang demam, batuk, maupun ada gejala lain seperti flu untuk melaksanakan salat sendiri di rumah. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi adanya gejala dari virus Covid-19.

Selain beberapa tips di atas, pihak pengurus masjid juga bisa ikut mengawasi penularan atau penyebaran virus dengan cara melakukan usaha tanggap melaporkan jika ada warga yang mungkin terpapar virus, terutama di daerah sekitar masjid.

Mengatasi penyebaran virus Covid-19 tidak bisa dilakukan oleh salah satu pihak saja. Masyarakat juga harus aktif menjaga kebersihan masjid sebagai sarana ibadah untuk umum agar tidak menjadi tempat penularan virus. Jangan lupa, pastikan mengunjungi tempat jual karpet masjid Bekasi dengan karpet terbaik.