Ketahui Cara Memakmurkan Masjid/Musholla Terdekat dari Kita

Spread the love

Tempat ibadah umat Muslim adalah masjid. Bagi umat Muslim, keberadaan masjid bukan hanya sebagai tempat untuk ibadah saja namun bisa lebih dari pada fungsi tersebut. Menurut jasa karpet masjid Malang, masjid jika mendapatkan pengelolaan dengan baik maka bisa menjadi sebuah lembaga yang membawa kemanfaatan yang lebih besar untuk masyarakat luas.

Memakmurkan Masjid dan Cara Untuk Melakukannya dengan Mudah

Memakmurkan masjid adalah sebuah upaya untuk menjadikan masjid tersebut berfungsi lebih maksimal. Dengan kata lain adalah membuat atau meramaikan masjid agar supaya banyak umat Muslim yang tergerak untuk memanfaatkan masjid tersebut dengan lebih baik.

Lalu cara apa saja yang bisa dilakukan untuk memakmurkan masjid atau mushola khususnya yang berada di sekitar tempat tinggal kita.

  1. Gunakan untuk sholat lima waktu

Selalu selenggarakan sholat berjamaah untuk lima waktu dalam sehari. Sehingga untuk hal tersebut pihak takmir masjid harus membuat jadwal imam dan muadzin yang bertugas setiap harinya. Karena meski fungsi masjid adalah untuk sholat, ternyata ada masjid yang hanya buka seminggu sekali hanya untuk sholat Jumat saja. Sangat disayangkan bukan?

  1. Buat takmir dan manajemen masjid yang bagus

Dalam artian, takmir masjid akan bertugas untuk melakukan manajemen masjid sehingga semua keperluan jamaah bisa terpenuhi dengan maksimal. Bahkan beberapa masjid sudah melakukan pelatihan khusus untuk manajemen masjid sehingga benar-benar diperhatikan dengan baik untuk hal tersebut. Contohnya untuk memberikan kenyamanan ibadah jamaah maka perlu penambahan karpet masjid Malang sesuai kebutuhan.

  1. Memiliki imam masjid

Pastikan masjid tersebut sudah memiliki imam masjid yang ditunjuk. Untuk menunjukkan imam tersebut perlu adanya musyawarah warga masyarakat sehingga jelas pembagian tugas dan kewenangan yang dimilikinya.

  1. Buat pengajian Al-Qur’an secara rutin

Buat lembaga pendidikan belajar Al-Qur’an baik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Jenis pendidikan non formal seperti ini sangat tepat untuk menjadi alternatif pilihan membuat masjid berfungsi dengan lebih maksimal.

  1. Buat kajian ilmu agama secara rutin

Memakmurkan masjid juga bisa dengan mengadakan kajian ilmu agama secara rutin yang diisi oleh alim ulama yang tinggal di sekitar masjid. Dalam kajian tersebut akan dipelajari berbagai hal tentang ilmu agama dan usahakan diselenggarakan secara rutin setidaknya seminggu sekali.

  1. Pengajian ibu-ibu

Cara memakmurkan masjid yang satu ini juga sangat efektif untuk membuat masjid menjadi lebih ramai dikunjungi umat muslim. Anda bisa mencari seorang ulama perempuan yang akan mengkaji ilmu agama khusus untuk kaum wanita. Pastikan kajian diadakan secara tertutup sehingga mereka pun akan lebih nyaman untuk mengikuti kajian tersebut.

Tips Memakmurkan Masjid dengan Sederhana

Banyak umat Islam yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan memakmurkan masjid, namun sayangnya karena keterbatasan ilmu mereka pun terkendala untuk melakukan hal tersebut. Berikut ini ada beberapa tips dari karpet masjid Malang yang bisa Anda lakukan untuk ikut memakmurkan masjid sesuai dengan kemampuan Anda.

  • Berikan pemahaman bahwa masjid milik Allah

Maksudnya adalah sebuah masjid tak dibenarkan jika diakui milik organisasi tertentu, milik wakif dan lain sebagainya. Yang benar adalah bahwa masjid adalah milik Allah dan penggunaannya adalah untuk seluruh umat Islam. Maka masyarakat harus memahami bahwa semua urusan yang terkait dengan penggunaan masjid juga harus melibatkan masyarakat secara umum.

  • Libatkan masyarakat berbagai kalangan

Bahwa untuk memakmurkan masjid bukan hanya tugas orang dewasa saja. Namun anak-anak, remaja hingga anak muda pun memiliki tugas yang sama untuk ikut terlibat dalam kegiatan memakmurkan masjid dengan baik.

  • Membuat acara keagamaan yang menarik

Pihak takmir masjid juga bisa membuat program rutin yang menarik untuk diikuti masyarakat luas. Seperti program khitanan massal, santunan anak yatim, pemberian bantuan pada janda atau masyarakat kurang mampu dan berbagai kegiatan keagamaan yang menarik lainnya.

  • Manajemen keuangan yang transparan

Dan satu tips penting lainnya dalam upaya memakmurkan masjid adalah untuk mengusahakan adanya manajemen keuangan yang jelas dan transparan. Karena uang yang masuk ke takmir masjid harus digunakan untuk semua keperluan masjid dengan tujuan untuk keperluan kenyamanan ibadah di masjid tersebut. Hal itu harus disampaikan secara jelas dan transparan pada seluruh jamaah tanpa kecuali.

Sekian ulasan singkat tentang cara memakmurkan masjid sesuai dengan panduan yang diberikan oleh usaha karpet masjid Malang.