Personalisasi WhatsApp Agar Sesuai Keinginan

Spread the love

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang sudah banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini terkenal karena tampilannya yang sederhana. Namun dibalik itu ternyata kalian bisa mempersonalisasi WhatsApp sesuai dengan keinginan.

Cara Mudah Personalisasi WhatsApp

Melakukan personalisasi seperti membuat nada dering WA sebut nama sendiri ataupun hal lainnya ternyata mudah tanpa perlu menggunakan aplikasi modifikasi. Jika kalian penasaran, berikut ini adalah beberapa rahasia untuk mengatur WhatsApp sesuai keinginan.

  1. Menyembunyikan tanda pesan telah dibaca

Orang tentunya memiliki kesibukan masing-masing dan terkadang sulit untuk membalas pesan WhatsApp yang masuk. Namun sayangnya beberapa orang tidak paham akan hal tersebut dan menuntut kalian untuk cepat membalas pesan yang dikirimkan.

Hal semacam itu sebenarnya wajar, namun jika sudah mengganggu maka kalian bisa melakukan pengaturan menyembunyikan tanda bahwa pesan sudah dibaca ataupun belum.

Caranya sangatlah mudah masuk saja ke “Settings”, lalu “Accounts” selanjutnya ke “Privacy”. Nantinya pada bagian “Privacy” pada bagian bawah kalian akan menemukan tulisan “Read Receipts”, selanjutnya kalian hanya perlu menonaktifkan tanda centang birunya saja.

  1. Menambahkan shortcut

Jumlah percakapan di WhatsApp yang menumpuk harus membuat kalian men-scroll layar terlebih dahulu untuk bisa menemukan grup maupun kontak yang ingin dihubungi. Untuk kalian yang sedang tergesa-gesa tentu akan sangat memakan waktu.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa membuat shortcut dengan sangat mudah, sama mudahnya dengan membuat nada dering WA sebut nama sendiri.

Untuk menambah daftar shortcut cukup klik titik 3 pada bagian kanan atas lalu pilih “More” lalu “Add shortcut”. Nantinya dengan adanya shortcut tadi kalian bisa terhindar dari salah kirim pesan yang berakibat fatal.

  1. Update status lebih berwarna

Meng-update status di WhatsApp kini tidak lagi membosankan dan tidak terbatas hanya pada kata-kata saja. Akan tetapi kalian juga bisa membuat status video yang lebih menarik dan atraktif tentunya dan ini merupakan fitur baru dari WhatsApp.

Menariknya lagi beragam video yang kalian buat untuk diupload bisa dikreasikan sesuai keinginan. Jadi dengan kata lain hadirnya WhatsApp story semakin membuat akun WhatsApp lebih berwarna dan atraktif tentunya.

  1. Mengganti wallpaper

Tidak dipungkiri kesederhanaan dari WhatsApp mampu membuatnya disukai banyak kalangan dari anak muda hingga orang tua karena pengoperasiannya yang mudah. Namun terkadang tampilannya yang monoton sering membuat penggunanya bosan.

Agar aplikasi chatting ini semakin berwarna maka kalian bisa mengkreasikan wallpaper dengan gambar favoritmu. Caranya masuk ke menu Pengaturan-> Chatting -> Chat wallpaper -> kemudian pilih wallpaper yang diinginkan.

  1. Mengganti foto profil

Hal lain yang tidak kalah menariknya dari WhatsApp ini yaitu kalian bisa berkreasi sebebasnya dengan foto profil kalian. Kalian bisa secara bebas mengganti foto profil tanpa harus berlama-lama menunggu karena cara mengubahnya sangatlah mudah.

Masuk saja ke settings-> nama profil -> edit foto dan secara otomatis foto profil akan terganti dengan sendirinya. Sebelum itu kalian bisa mengedit foto terlebih dahulu agar nantinya pada saat dibuat foto profil akan lebih menarik.

  1. Merubah nada dering

Personalisasi lainnya yaitu kalian bisa membuat nada dering WA sebut nama sendiri dan caranya sangat mudah. Langkah pertama kalian hanya perlu membuat ringtone terlebih dahulu, saat ini sudah banyak situs yang bisa membuat ringtone sesuai keinginan.

Jika ringtone dengan nama kalian sudah jadi maka tinggal diterapkan. Klik titik 3 pada bagian kanan atas -> setelan -> notifikasi. Lalu pilih salah satu nada yang ingin diubah baik itu nada pesan, panggilan ataupun nada grup.

  1. Membuat WhatsApp lebih privasi

Untuk kalian yang ingin agar tidak semua orang mengetahui info akun, status online, foto, bahkan status kalian maka kalian bisa membatasi siapa saja yang bisa melihatnya.

Jika kalian pengguna Android maka masuk ke Menu-> Setelan -> Akun dan terakhir Privasi dan kalian bisa mengubah pengaturan visibilitas data pribadi, lalu untuk pengguna iOS caranya hampir sama dengan langkah-langkah pada Android.

  1. Mematikan fitur auto-download

Terkadang aktivitas grup menghasilkan banyak gambar, pesan dan video bila terlalu lama bisa membuat penyimpanan menjadi penuh. Jika kalian lupa menghapus file-file tadi tentu saja ruang penyimpanan akan sangat penuh dan aplikasi lain tidak bisa berjalan sesuai fungsinya.

Untuk mengatasi itu kalian bisa menonaktifkan auto-download caranya masuk ke pengaturan lalu buka penyimpanan dan data, selanjutnya matikan pengunduhan file. Nantinya setiap file yang dikirim tidak akan terunduh otomatis.

Personalisasi Tidak Perlu Aplikasi MOD

Cara personalisasi WhatsApp di atas sangatlah mudah dan tentunya sangat berguna untuk membuat tampilan aplikasi kalian menjadi lebih berwarna.

Jadi mulai saat ini jangan ubah penampilan WhatsApp menggunakan aplikasi modifikasi atau mod yang bisa merusak perangkat karena ancaman malware yang ikut masuk saat aplikasi di pasang.

Bahkan membuat nada dering WA sebut nama sendiri sekalipun sudah bisa dilakukan tanpa perlu tambahan aplikasi lainnya dan tentunya hal itu bisa membuat notifikasi WhatsApp menjadi lebih unik dan menarik.