Kenali Beberapa Istilah Dalam Jual Beli Mobil

Spread the love

Bagi Anda yang akan kredit mobil syariah dan membeli mobil baru kenali dahulu beberapa istilah di dalam jual beli mobil. Selain memperhatikan spesifikasi mobil yang ditawarkan namun juga Anda perlu memahami sejumlah istilah umum yang kerap ditemukan saat jual beli mobil. Hal ini harus Anda pahami supaya tidak tertipu saat membeli mobil dan juga tidak salah memilihnya.

Apalagi bagi Anda yang masih pemula dan belum pernah melakukan jual beli mobil sehingga banyak yang kurang paham tentang istilah yang sering digunakan. Transaksi jual beli mobil tentunya akan berjalan dengan lanca sesuai dengan keinginan Anda. Inilah dia istilah-istilah jual beli mobil yang perlu dipahami.

Istilah-istilah Jual Beli Mobil Yang Perlu Dipahami

Istilah-istilah jual beli mobil yang perlu Anda pahami adalah :

  • Off The Road dan OTR

Istilah off the road dan on the road sudah tidak asing di dalam dunia jual beli mobil. Istilah ini umumnya ditulis pada brosur yang ditawarkan untuk pelanggan dari dealer atau sales. Biasanya di sana ada informasi mengenai tipe, spesifikasi dan juga harga kendaraan.

Off the road memang terlihat lebih murah sebab kondisi mobil tersebut belum mempunyai STNK dan BPKB. Fitur yang dimiliki umumnya jauh lebih rendah dibandingkan dengan on the road yang terlihat mahal sebab sudah dilengkapi dengan dokumen STNK dan BPKB yang pastinya perlu biaya untuk mengurusnya.

  • Surat Pembelian Kendaraan atau SPK

Nah, bagi Anda yang kredit mobil syariah atau dengan cara yang lain pasti akan menemukan istilah surat pembelian kendaraan atau SPK. Anda akan mendapatkan surat ini sebagai identitas Anda sebagai pemilik mobil. Umumnya surat ini akan digunakan untuk mengurus STNK dan BPKB kendaraan mobil Anda.

Tidak hanya berisi tentang identitas sebagai pemilik kendaraan mobil saja namun juga berisi informasi spesifikasi mobil yang akan Anda beli. SPK ini nantinya dijadikan sebagai tanda bukti untuk pembayaran selanjutnya dan juga saat kendaraan diserahterima ke pemilik.

  • Uang Tanda Jadi

Umumnya setelah Anda selesai bertransaksi dan telah terjadi kesepakatan harga selanjutnya sales akan meminta Anda untuk memberikan uang tanda jadi. Nah, uang tanda jadi ini untuk bukti bahwa Anda atau pelanggan serius untuk membeli mobil dan sebagai bukti kesepakatan tersebut. Uang tanda jadi ini akan diserahkan secara langsung di lokasi saat sudah deal.

Namun umunya sales juga akan memberikan pilihan pembayaran uang tanda jadi tersebut secara tunai atau transfer sesuai dengan keinginan. Oleh sebab itu, nantinya pelanggan akan mendapatkan surat pemilik kendaraan.

  • Uang Muka atau DP

Pasti masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa uang tanda jadi sama dengan uang muka. Namun sebenarnya dua isilah ini berbeda sekali dan uang muka atau DP adalah uang yang diberikan pada saat Anda membeli kendaraan mobil secara kredit. Uang muka atau DP harus dibayarkan berdasarkan dengan kesepakatan yang dibuat.

Umumnya uang muka dibayar sekitar 20 hingga 30 persen dari harga total mobil yang dibeli. Nah, jika berbicara tentang kredit mobil sudah banyak sekali leasing atau lembaga pembayaran yang dapat Anda manfaatkan. Salah satunya adalah Anda bisa menggunakan kredit mobil syariah supaya jauh lebih aman dan nyaman untuk ke depannya.  

  • Inden

Pada saat Anda berkunjung ke pameran mobil atau showroom pasti ada beberapa kendaraan mobil yang memang harus inden. Nah, jadi inden adalah armada mobil tersebut belum tersedia di deler mobil sehingga harus menunggu mobil datang dari pabrik dahulu ke dealer yang Anda kunjungi.

Namun jangan terburu-buru senang dahulu sebab stok mobil yang telah tersedia di dealer bisanya belum tentu bisa mendapatkannya. Sebab jika statusnya high demand maka mobil tersebut akan habis terjual lebih dahulu. Oleh sebab itu, sales mobil akan memberikan saran untuk Anda memesan terlebih dahulu.

  • Asuransi TLO, All Risk dan Kombinasi

Istilah jual beli mobil yang perlu Anda pahami berikutnya adalah tentang asuransi. Biasanya pertanggungannya berkaitan dengan sales untuk memberi jaminan terhadap kondisi kendaraan yang akan dibeli. Nah, Total Loss Only atau TLO adalah jaminan total untuk mobil yang dibeli karena kecelakaan dengan kerusakan 70% atau pencurian.

Kemudian all risk adalah perlindungan untuk semua jenis kerusakan pada mobil dan yang kombinasi adalah mendapatkan kedua asuransi atau jaminan tersebut kepada pembeli mobil.

  • ADDM dan ADDB

ADDM atau angsuran dibayar di depan adalah biaya angsuran yang dibayarkan di muka jadi selain bayar DP juga bayar ini. ADDB atau angsuran dibayar di belakang adalah pilihan angsuran yang dibayarkan di belakang untuk memberikan kemudahan kepada pembeli yang membeli mobil secara kredit.

Nah, itulah sejumlah istilah-istilah jual beli mobil yang perlu dipahami dan bagi Anda yang ingin kredit mobil sebaiknya coba kredit mobil syariah supaya lebih aman dan mudah prosesnya.