Tips Efektif Dalam Membuat Rencana Belajar

Spread the love

Sebagai seorang pelajar, belajar menjadi salah satu kebutuhan dan tanggung jawab utama. Namun sayangnya sering kali seseorang akan merasa malas untuk belajar, karena merasa sudah cukup lelah dengan aktivitas pembelajaran seharian selama di sekolah. Padahal biar bagaimanapun juga seorang pelajar harus tetap melanjutkan aktivitas belajar di rumah sekedar untuk menyelesaikan tugas atau mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian.

Agar waktu belajar di rumah menjadi lebih efektif meskipun dilakukan dalam waktu yang singkat, Anda perlu menerapkan beberapa trik dan tips tersendiri. Misalnya dengan menyusun rencana belajar seperti yang akan dibahas dalam ulasan kali ini.

Buat Jadwal Belajar

Langkah pertama untuk membuat rencana belajar yang efektif di rumah adalah dengan membuat jadwal belajar. Anda bisa tentukan sendiri kira-kira kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk belajar setelah selesai dari segala aktivitas di sekolah.

Beberapa orang ada yang memilih langsung meluangkan waktu sepulang sekolah untuk menyelesaikan segala PR dan tugas, kemudian lanjut dengan belajar mereview ulang materi yang sudah dipelajari tadi.

Namun sebagian lain ada yang memilih untuk lebih baik beristirahat dulu dan melanjutkan belajar di malam hari nanti. Anda pun bebas menentukan sendiri waktu kapan yang sekiranya paling efektif bagi Anda untuk belajar di rumah.

Selesaikan Tugas Terlebih Dahulu

Setiap kali waktu belajar tiba, maka utamakan untuk menyelesaikan tugas sekolah dan PR terlebih dahulu. Prioritaskan PR atau Tugas yang memiliki deadline terdekat. Hal ini penting untuk mencegah Anda lupa atau terlewat dalam mengerjakan tugas.

Tentukan Prioritas Dalam Belajar

Setelah memastikan tugas dan PR sudah selesai dikerjakan, selanjutnya Anda tinggal fokus untuk belajar pada materi yang akan Anda pelajari. Buatlah skala prioritas untuk menentukan materi apa yang akan Anda pelajari terlebih dahulu. Misalnya, utamakan Anda belajar untuk materi yang akan diuji besok, atau materi untuk menghadapi ulangan harian di esok hari.

Jika tidak sedang ada ulangan harian, Anda bisa memprioritaskan pada mata pelajaran atau materi yang Anda anggap paling sulit untuk Anda pahami atau kuasai. Setelah itu baru pelajari materi-materi lain yang dirasa lebih mudah.

Dengan hanya mereview ulang materi pelajaran yang sudah dipelajari di sekolah juga cukup. Atau juga dengan membaca-baca sekilas materi yang akan dipelajari di sekolah keesokan harinya.

Tentukan Target

Dalam mengerjakan segala sesuatu, kita harus memiliki tujuan atau target. Begitu pun dalam hal belajar. Tujuan atau target ini tidak hanya akan membantu Anda menjadi lebih fokus, namun juga bisa menjadi motivasi Anda dalam belajar.

Misalnya Anda harus punya target menguasai materi A hingga Z. Atau target untuk mencapai nilai ulangan tertentu. Dengan adanya target ini Anda jadi bisa mengukur seberapa efektif dan berhasilkah cara belajar yang Anda lakukan.

Jika dirasa kurang berhasil, maka Anda bisa mereview untuk mengubah metode belajar di kemudian hari. Sebaliknya jika Anda berhasil, bisa jadi Anda justru mampu melampaui dari target yang sudah Anda buat sebelumnya.

Buat Suasana Nyaman

Membuat suasana nyaman selama belajar itu penting. Hal ini untuk membuat rencana belajar Anda menjadi bisa terlaksana dengan efektif. Tingkat kenyamanan belajar masing-masing orang bisa berbeda-beda.

Ada tipe orang yang harus belajar dalam suasana sepi agar bisa berkonsentrasi. Ada pula yang justru harus belajar dengan mendengarkan musik, atau ditemani dengan suara radio. Beberapa orang ada yang lebih suka belajar secara mandiri sehingga bisa berkonsentrasi.

Namun beberapa orang lainnya ada yang lebih suka belajar bersama-sama dengan teman atau dalam sebuah kelompok, karena dirasa akan lebih mudah membantunya dalam memahami materi pelajaran. Untuk bisa mengetahui mana suasana yang paling cocok, Anda harus mengenali tipe diri Anda terlebih dahulu.

Baca juga : 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Ngegame

Terapkan Secara Konsisten

Jika Anda sudah membuat sebuah rencana belajar, dimulai dari menentukan waktu belajar, membuat target, skala prioritas, dan lain sebagainya, maka poin penting yang tidak boleh terlewat adalah usahakan untuk menerapkannya secara konsisten dan disiplin. Penerapan rencana belajar yang konsisten akan sangat berpengaruh terhadap seberapa efektif dan berhasilnya proses belajar yang Anda lakukan.

Memang tidak menutup kemungkinan jika seseorang akan mengalami kenaikan dan penurunan semangat dalam belajar. Terlebih jika aktivitas seharian di sekolah sudah terasa cukup melelahkan. Namun usahakan untuk tetap memiliki motivasi yang kuat dalam belajar sehingga Anda bisa menerapkan rencana dan jadwal belajar yang sudah Anda buat dengan konsisten.

Dengan membiasakan diri untuk disiplin dan konsisten dalam menerapkan rencana belajar, hal ini juga akan membangun sebuah kebiasaan yang akan membuat Anda semakin bisa menikmati waktu belajar dengan lebih senang hati.

Tips Belajar Efektif

Selain membuat atau mengatur rencana belajar seperti yang sudah dijelaskan di atas, sepertinya Anda juga perlu tahu beberapa tips dan trik dalam belajar. Tujuannya agar proses belajar Anda bisa jadi lebih efektif dan materi yang Anda pelajari bisa cepat dipahami. Terutama jika Anda sedang belajar untuk menghadapi ujian atau ulangan.

Beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam belajar antara lain adalah sebagai berikut :

Ada beberapa waktu “prime time” yang sangat bagus bila Anda manfaatkan untuk belajar. Yang pertama adalah beberapa saat sebelum tidur. Jika Anda mengatur jadwal dengan mengutamakan untuk belajar dulu baru melakukan aktivitas hiburan lain sebelum tidur, maka sebaiknya Anda ubah pola ini karena bisa jadi kurang efektif bila Anda terapkan.

Otak cenderung akan lebih merekam aktivitas terakhir yang Anda lakukan sebelum tidur. Jadi apabila Anda mengutamakan belajar dulu, kemudian menonton TV sebelum akhirnya tidur, maka yang akan lebih terekam di otak Anda adalah tayangan TV yang terakhir Anda tonton sebum tidur.

Mulai sekarang, coba atur waktu dengan menukar jadwal belajar tepat sebelum Anda tidur. Atau sebelum tidur, coba review ulang materi yang sudah Anda pelajari sebelumnya.

Trik untuk mempelajari materi yang banyak mengandung hafalan adalah dengan menulis dan membuat ringkasan. Pertama Anda bisa baca dan pahami dulu seluruh materi yang hendak Anda pelajari, kemudian tuangkan apa yang sudah Anda baca tadi dalam tulisan. Selama menulis, tak ada salahnya sesekali Anda membuka dan membaca ulang materi tadi.

Dengan demikian secara tidak sadar otak Anda sudah merekam materi-materi tadi dan membacanya berulang-ulang. Hasil tulisan ringkasan yang sudah Anda buat juga bisa menjadi bahan untuk Anda baca dan pelajari lagi di lain waktu. Mempelajari hasil tulisan yang Anda buat sendiri akan cenderung lebih mudah dipahami dan diingat.

Bangun lebih pagi pada saat hendak ujian, lalu luangkan waktu untuk mereview ulang semua materi yang sudah Anda pelajari semalam. Ini adalah salah satu trik yang cukup efektif dilakukan jika Anda hendak menghadapi ujian atau ulangan.

Di pagi hari, otak cenderung sudah dalam keadaan yang lebih segar. Sehingga membaca dan mereview ulang materi akan lebih mudah diingat dan dipahami di waktu-waktu ini.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rencana belajar yang efektif. Jangan lupa terapkan pula trik untuk dapat lebih mudah memahami materi dalam belajar dan menghadapi ujian dari relogi.com.