Tips Mudah Mengatur Pencahayaan di Rumah

Spread the love

Menciptakan kenyamanan pada rumah itu menjadi salah satu aspek penting agar membuat rumah menjadi layak untuk ditinggali. Ada banyak sekali elemen untuk bisa menciptakan kondisi yang nyaman pada rumah salah satunya pencahayaan seperti yang akan dibahas di sini.

Empat Tips Untuk Mengatur Pencahayaan Rumah

Kebanyakan orang hanya membuat rumah asal jadi terlebih dahulu lalu baru memancarkan pencahayaan belakangan. Padahal konsep pengaturan pencahayaan sangat penting untuk bisa menciptakan kenyamanan pada rumah. Karena itulah kami akan memberikan beberapa tips kepada Anda untuk bisa mengatur pencahayaan dengan mudah.

  • Menentukan Pencahayaan pada Ruang Makan

Salah satu tips yang bisa diterapkan apabila saat ini ingin menciptakan suasana harmonis melalui pencahayaan ialah dengan menyorot dari ruang makan terlebih dahulu. Sebab kebanyakan orang ternyata memberikan komposisi pencahayaan yang sama dengan semua ruangan.

Padahal semua ruangan itu tidak harus disesuaikan dengan fungsinya. Contohnya seperti ruang makan, Anda tidak perlu memberikan pencahayaan sangat terang pada ruangan tersebut. Sebab pencahayaan yang hangat dan secukupnya sudah lebih dari cukup untuk menciptakan suasana nyaman di ruangan tersebut.

Caranya iyalah hanya perlu memberikan lampu gantung yang tidak terlalu terang dan tidaknya bisa digunakan untuk menunjukkan objek pada meja makan. Aturlah ketinggiannya akan nantinya pencahayaan tidak menutupi objek di ruangan tersebut.

  • Mengatur Pencahayaan pada Kamar Tidur

Tips selanjutnya untuk bisa menciptakan kenyamanan pada rumah melalui pencahayaan ialah dengan mengatur pencahayaan pada ruang tidur. Kamar tidur menjadi salah satu ruangan paling vital di rumah karena akan menjadi tempat untuk memanjakan Anda saat beristirahat.

Sesuai informasi pada sinardayaenergy.net, sangat direkomendasikan untuk tidak memberikan pencahayaan terlalu terang pada kamar tidur Anda. Terlebih lagi pemasangan lampu yang terlalu dekat memang sangat tidak direkomendasikan.

Karena itulah gunakan saja lampu tidur yang cukup redup dan diletakkan di samping tempat tidur. Hal ini akan memaksimalkan kualitas istirahat Anda karena tidak terganggu dengan pencahayaan yang terlalu berlebihan.

  • Mengatur Pencahayaan Ruang Keluarga

Ruang keluarga adalah ruangan yang akan menampung semua anggota keluarga. Karena itulah Anda harus mengatur ruangan tersebut agar memiliki kesan yang luas melalui penyetelan pencahayaan. Bagaimana penyetelan pencahayaan yang tepat?

Untuk bisa memberikan kesan yang luas maka kami sarankan untuk memantulkan cahaya lampu ke atas plafon. Sehingga Anda harus melakukan pemasangan lampu dengan metode up-light. Sehingga dengan terbentuknya saya lampu ke plafon maka akan bisa memberikan pencahayaan secara merata dan kesan luas akan tercipta pada ruangan tersebut.

  • Menyebar Beberapa Titik Lampu

Apabila Anda ingin memaksimalkan suatu cahaya pada suatu ruangan misalnya ruang tamu, maka harus menyebar beberapa titik lampu dalam satu ruangan. Hal ini berfungsi untuk bisa memaksimalkan kekayaan yang diterima pada ruangan tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa apabila hanya menggunakan satu titik lampu ternyata akan menciptakan bayangan di sisi lainnya. Untuk menghindari terjadinya bayangan pada suatu ruangan maka setelah beberapa titik lampu secara merata pada ruangan tersebut.

Misalnya saja ruangan Anda memiliki rumah yang cukup besar sehingga membutuhkan lebih dari suatu sumber penerangan. Karena itulah kami rekomendasikan untuk setidaknya penerangan 2 atau 4 buah lampu.

Jadi seperti itulah beberapa tips yang bisa diterapkan apabila Anda ingin menciptakan suasana harmonis melalui pengaturan pencahayaan pada rumah. Anda tidak perlu mengikuti informasi ini secara menyeluruh melainkan bisa mengambilnya beberapa dan mengatur sesuai dengan selera.