Tips Menghindari Kerumunan Saat Mengurus SIM Hilang

Spread the love

Sudah banyak pengurusan dokumen sekarang ini yang bisa dilakukan lewat online, salah satunya adalah pengurusan SIM. Baik itu SIM Keliling dan pengurusan SIM secara online adalah hal yang sangat memudahkan, kita bisa mengurus dokumen tersebut dengan lebih efisien, dan mudah. Adanya layanan-layanan seperti ini juga yang membuat kita bisa menghindari kerumunan ketika mengurus SIM.

Inovasi Layanan Kepengurusan SIM

Karena masa pandemi kemarin-kemarin, mengurus dokumen-dokumen resmi sering disarankan secara online agar mencegah kerumunan. Dampaknya sampai sekarang saat sudah tidak ada pandemi, tetap dilakukan inovasi tersebut untuk menyesuaikan perkembangan gaya hidup. Meski begitu, pembuatan SIM tidak sepenuhnya bisa dilakukan online karena terdapat tahap tes-tes tertentu yang harus dilakukan langsung.

Beda dengan mengurus perpanjang SIM yang lebih leluasa karena hanya update status SIM tersebut saja, sama halnya dengan mengganti SIM.

Tips Mengurus SIM Yang Hilang Tanpa Harus Berkerumun

Kamu tak perlu lagi khawatir kalau SIM kamu hilang, ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa mengurus SIM tersebut tanpa perlu ramai-ramai atau berkerumun dengan banyak orang.

1.      Registrasi melalui situs web Korlantas

Registrasi bisa dilakukan dengan situs resmi Korlantas, layanannya mulai dari pembuatan SIM, perpanjangan, perubahan data, pengalihan golongan, dan mengganti SIM hilang atau rusak.

2.      Mengisi data SIM

Sangat penting mengetahui data pada SIM hilang kamu. Kalau memungkinkan, cari salinan fotokopi atau scan SIM asli. Kalau memang tidak ada salinan fotocopy, Anda bisa pakai foto SIM di handphone. Pengisian data untuk kehilangan SIM tersebut bisa kamu lakukan asal Hp kamu mendukung koneksi internet.

Perlu dipahami juga setiap pemohon akan diminta menyiapkan surat kehilangan untuk lampiran. Lebih baik, siapkan bukti agar mempermudah proses penggantian agar kamu tidak bolak-balik.

3.      Membayar lewat ATM

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk kepengurusan SIM ini bermacam-macam karena tiap jenis SIM akan berbeda-beda. Misal untuk SIM D sebesar Rp 30 ribu, SIM C sebesar Rp 75 ribu, SIM B dan SIM A sebesar Rp 80 ribu rupiah. Kalau sudah registrasi dan lalu mengisi data diri, kamu bisa melakukan pembayaran lewat EDC atau ATM BRI.

Kamu pun tidak lagi antre atau berkerumun untuk membayar melalui loket, prosesnya pun menjadi lebih nyaman dan praktis. Kalau sudah membayar lanjut mengurus secara offline karena harus verifikasi.

4.      Memilih jadwal mengambil SIM dan mendatangi lokasi pengambilan

Kalau sudah melakukan pembayaran, waktu untuk mengambil SIM bisa dipilih berdasarkan jadwal yang ada. Lebih nyaman pastinya untuk pemohon SIM, mereka bisa memilih waktu yang sesuai ketersediaan waktu mereka.

Tahap terakhir adalah harus langsung datang ke lokasi terkait, pengambilan SIM itu sendiri bisa dilakukan melalui SIM Keliling atau lokasi Satpas. Harus dilakukan verifikasi data secara langsung dan mengambil foto terbaru agar SIM Anda siap diambil.

Kehadiran pada tahap pengambilan satu ini lebih teratur, Anda tidak perlu lagi antre atau menunggu lama. Beberapa proses verifikasi perlu dilakukan mulai dari mengambil sidik jari, pemeriksaan identitas dan tanda tangan.

Pastikan Anda membawa dokumen surat kehilangan, fotokopi SIM kalau ada, KTP, dan fotokopi KTP. Seperti itulah kurang lebih bagaimana tips mengurus SIM hilang dengan mudah dan bisa menghindari kerumunan. Beberapa langkah dilakukan online dan beberapa harus langsung dilakukan melalui Satpas/ Polres atau SIM keliling. Sekian saja dan semoga bahasan kali ini bermanfaat.