Cara Menentukan Spesifikasi Komputer Berdasarkan Kebutuhan

Spread the love

Perkembangan teknologi seperti komputer kini semakin pesat. Beragam perangkat canggih kini menawarkan spesifikasi yang luar biasa termasuk dengan harga yang miring. Apalagi pada toko komputer online Medan, kamu akan menemukan berbagai komputer sesuai dengan kebutuhanmu.

Sayangnya, para pengguna perangkat komputer biasanya kurang memahami spesifikasi komputer yang mereka butuhkan. Padahal kita harus memahami berbagai spesifikasi komputer sehingga tidak salah membelinya, lho. Disisi lain, pembelian komputer yang sesuai dengan kebutuhan tentunya akan menghemat pengeluaranmu.

Untuk itu, melalui artikel ini kamu akan mengetahui cara menentukan spesifikasi komputer berdasarkan kebutuhan. Ada beberapa hal yang tentunya harus kamu perhatikan bila hendak membeli komputer. Namun sebelum menentukan spesifikasinya, alangkah baiknya kamu memahami tipe-tipe komputer.

Tipe-Tipe Komputer

Mungkin kamu merasa bahwa komputer dengan laptop itu dua perangkat yang berbeda. Benarkah demikian? istilah tersebut sebenarnya kurang tepat. Pasalnya, laptop merupakan salah satu tipe dari komputer, lho. Sedangkan komputer itu sendiri merupakan suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang sudah dirumuskan. Lalu, apa saja tipe komputer itu?

Pada dasarnya, komputer itu memiliki dua kategori yakni portable dan desktop. Komputer portable artinya dapat dipindah kemana-mana alias mudah dibawa. Sedangkan desktop menjadi kategori komputer yang sulit dibawa karena besar dan terdapat beberapa perangkat lain untuk mendukung kinerjanya. Adapun tipe-tipenya sebagai berikut.

  • Tower Desktop – Tipe komputer ini merupakan terbitan generasi terdahulu yakni antara monitor dan desktop masih terpisah. Meski demikian, komputer ini gampang diperbaharui secara terpisah.
  • All In One Desktop – Pada komputer ini, monitor beserta desktop menyatu sehingga lebih simpel dibandingkan dengan towel desktop. Namun, komputer ini lebih sulit diperbaharui alias upgrade.
  • Tablet – Komputer yang satu ini memiliki ukuran yang sangat simpel. Bentuknya datar hanya layar berukuran mini sehingga bisa masuk ke dalam tas. Piranti-piranti seperti speaker, keyboard, dan lainnya telah menyatu dalam satu layar sehingga sangat ringan.
  • Laptop – Komputer ini juga sangat portable sehingga mudah dibawa kemana-mana. Bentuk dari komputer ini berupa layar dan keyboard yang dapat dilipat menjadi satu. Jenis komputer ini juga memiliki ukuran yang beragam serta dilengkapi piringan DVD.
  • Netbook – Serupa dengan laptop, namun ukurannya jauh lebih kecil serta ringan. Hanya saja, komputer ini tidak memiliki piringan DVD sehingga tidak dapat memutar CD maupun DVD.
  • Ultrabook – Komputer ini merupakan laptop dengan ukuran yang lebih tipis. Selain itu, komputer ini juga memiliki kualitas yang sangat eksklusif dengan harga yang premium.

Tips Menentukan Spesifikasi Komputer

Nah berikut beberapa cara yang perlu kamu perhatikan untuk menentukan spesifikasi komputer sebelum membelinya di toko komputer online Medan.

  1. Pahami processor pada komputer yang akan dipilih

Kamu perlu memahami processor yang ada pada komputer yang akan kamu pilih. Hal tersebut perlu dipahami karena akan mempengaruhi kinerja dari komputer tersebut. Semakin tinggi score processor yang ada pada Benchmark, maka semakin cepat pula kinerja dari komputer yang kamu gunakan.

  1. Perhatikan kapasitas RAM

Sebagai pengguna, kita harus paham betul kemampuan komputer yang kita gunakan dalam menyimpan data sementara. Komputer pasti akan lebih lambat atau bahkan eror bila penyimpanan data sementara pada RAM telah penuh. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan kapasitas dari RAM tersebut.

  1. Pastikan memori penyimpanan mencukupi kebutuhanmu

Selain RAM, kamu juga perlu memastikan memori penyimpanan mencukupi kebutuhanmu. RAM menjadi penyimpanan primer alias jangka pendek atau sementara, sedangkan penyimpanan sekunder (jangka panjang) bisa kamu perhatikan dari seberapa besar memori pada HDD maupun SSD yang ada pada komputer tersebut. Untuk itu, kamu harus memastikan besarnya memori penyimpanan yang kamu perlukan.

  1. Pilih Power Supply secara mendetail

Salah satu komponen hardware yang paling mudah mengalami kerusakan yakni PSU alias Power Supply. PSU ini perlu kamu perhatikan karena akan mempengaruhi aliran listrik di rumah maupun tempat yang kamu gunakan untuk menghidupkan komputer. Pilih komputer dengan PSU yang sesuai dengan daya listrik tempat tersebut. Pemilihan yang tepat pastinya akan membuat kinerjamu lancar dan aliran listrik juga aman terkendali.

  1. Perhatikan VGA beserta harganya

Hal lain yang perlu kamu perhatikan spesifikasinya yakni kualitas VGA yang ada pada komputer tersebut. Pasalnya, VGA akan mempengaruhi tampilan dari kualitas gambar pada layar. Bagi pengguna gaming maupun desain grafis tentunya memerlukan VGA yang berkualitas. Selain itu, perhatikan pula harga dari komputer tersebut. Semakin besar VGA tentunya harga komputer tersebut juga semakin tinggi.

Itulah beberapa cara dalam menentukan spesifikasi komputer berdasarkan kebutuhanmu. Setelah memahami cara-cara di atas, kamu pastinya tidak mengalami kesulitan sat membeli komputer di toko komputer online Medan.