Inilah Tips Merilis Lagu Secara Digital

Spread the love

Perkembangan teknologi digital saat ini memberikan berbagai dampak positif di berbagai bidang kehidupan termasuk dalam perkembangan musik. Apalagi saat ini banyak anak muda yang tertarik dengan dunia musik sehingga mereka ingin membuat lagu sendiri dan merilisnya. Dan bisa dikatakan bahwa penikmat musik tidak hanya di kalangan tertentu saja, tapi semua kalangan.

Apabila kamu tertarik dengan dunia musik dan dan ingin mencoba membuat lagu serta merilisnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika lagu yang kamu ciptakan dapat rilis maka lagu tersebut bisa tersiar dimanapun. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan keuntungan material yang jumlahnya tidak sedikit, karena seni itu mahal harganya.

Tips Merilis Lagu Secara Digital

Pada dasarnya ada dua cara merilis lagu, yaitu secara digital dan konvensional. Jika dilihat sekilas keduanya terkesan berbeda, tetapi secara teknis pada dasarnya serupa. Namun dengan merilis lagu secara digital maka pencipta lagu tersebut mempunyai kebebasan karya serta konsep visual yang nantinya akan disajikan kepada para pendengar.

Berikut ini merupakan beberapa tips merilis lagu secara digital yang harus kamu ketahui.

  • Menulis lagu yang relevan

Jika kamu ingin merilis lagu digital, hal utama yang harus kamu lakukan yaitu mengamati musik siang yang sedang diminati saat ini. Jadi jangan langsung memutuskan untuk menulis lagu, tapi lakukanlah pengamatan terlebih dahulu mengenai trend musik yang populer.

Dengan mengetahui trend musik yang sedang beredar tentunya kamu bisa menulis lagu lebih mudah. Lagu tersebut juga akan lebih mudah rilis. Bagaimanapun juga, para penikmat musik saat ini lebih menyukai lagu-lagu yang relevan dengan perkembangan zaman atau yang sedang trending.

Jika kamu bisa melakukannya secara serius, kamu bisa mendapatkan berbagai inspirasi untuk menulis lagu sesuai dengan relevansi saat ini. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa beda generasi tentu beda genre musik yang trend.

Apabila memiliki inspirasi beragam, kesempatan untuk menghadirkan genre baru yang relevan dengan perkembangan zaman juga akan lebih mudah diterima oleh para pendengar.

  • Menggunakan label distribusi digital

Selanjutnya, jika kamu ingin menulis lagu secara digital, lakukanlah riset mengenai label distribusi musik digital yang tersedia. Semakin berkembangnya teknologi digital, label distribusi musik digital di internet juga semakin banyak. Label distribusi musik digital tersebut ada yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri.

Mungkin kamu akan lebih mudah untuk memilih label distribusi musik digital karena ada banyak sekali pilihan. Namun demikian, kamu harus detail dan teliti untuk memilih karena kamu harus mempertimbangkan berbagai kekurangan dari layanan label distribusi digital itu. Dengan demikian kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih optimal.

Dalam merilis lagu secara digital, kamu benar-benar harus teliti dalam melakukan langkah demi langkah. Pada kenyataannya, ada beberapa label distribusi musik yang mensyaratkan untuk mengeluarkan biaya supaya lagu tersebut tetap diputar pada platform music streaming. Umumnya, biaya tersebut akan ditagih setiap tahun.

Meskipun demikian, masih tersedia berbagai label distribusi musik digital yang tidak mengharuskan kamu membayar sejumlah biaya supaya laku kamu tetap diputar pada platform streaming. Oleh karenanya, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu sehingga bisa mendapatkan label distribusi musik digital yang tepat.

  • Bangun image pada media sosial

Supaya rilis lagu digital menjadi lebih mudah, maksimalkan peran media sosial untuk membangun image. Untuk memudahkannya, kamu bisa membuat media sosial baru untuk promosi rilis lagu sehingga tidak harus menata ulang konsep akun media sosial pribadi untuk bisnis.

Kamu hanya perlu memaksimalkan fitur yang telah tersedia pada media sosial sehingga bisa membangun personal atau image dari awal. Selain itu, melalui media sosial kamu juga bisa mempromosikan lagu yang telah rilis. Untuk membuat para pendengar penasaran, kamu bisa memulainya dengan memposting poster, teaser, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan konsep yang menarik, kamu bisa menghadirkan lagu yang dirilis lebih dari ekspektasi. Meskipun media sosial memiliki peran yang sangat penting, bagaimanapun juga inovasi dan konsistensi dalam membuat lagu menjadi kunci utama. Dalam hal ini media sosial menjadi salah satu cara untuk mendorong atau mengoptimalkan lagu yang telah rilis.

  • Memaksimalkan satu karya pada berbagai konten

Jika lagu sudah diunggah di berbagai platform dengan label distribusi digital, kamu tidak boleh berhenti di situ saja. Hal yang perlu dilakukan yaitu mengolah satu karya pada berbagai konten. Tujuannya yaitu supaya bisa mendapatkan hasil yang optimal dari lagu yang telah dirilis pada label distribusi digital sebelumnya.

Ada berbagai macam konten yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan lagu yang telah dirilis. Misalnya dengan mengunggah teaser promosi pada media sosial sehingga para pendengar akan penasaran. Kamu juga bisa membuat lagu tersebut dengan format video lirik. Jika lagu disajikan dalam format yang berbeda dengan konten yang beragam tentunya akan meningkatkan perhatian dari penikmat lagu tersebut.

Beberapa tips tersebut bisa membantu kamu untuk merilis lagu dan mempromosikannya agar masyarakat bisa download lagu mp3 mudah untuk mendengar berbagai lagu yang telah rilis.